Selasa, 15 Mei 2018

PACING LEADING

Dalam beberapa menangani keluhan klien, tidak melulu saya Hipnoterapi. Kadang, ada klien yang hanya membutuhkan edukasi saja. Dan saya sering menggunakan tekhnik pacing leading atau metafora untuk mengedukasi klien, dan merubah mindsetnya. Tekhnik ini juga bisa anda gunakan, untuk menangani klien anda dengan keluhan emosi berlebih.

A : Andie
K : Klien

K : Mas, Kok diri saya hanya di kuasai rasa emosinan saja ya, sudah tiga bulan ini rasanya saya emosinan terus pingin marah terus. Bahkan kemarin sampai mukul kaca dan tangan saya berdarah dijahit. Gimana ya mas supaya emosinan ini bisa hilang dari diri saya ?

A : Yakin, yang menguasai diri kamu hanya emosian saja ?

K : Iya mas, nyatanya saya marah2 terus.

A : Ya sudah coba sekarang kamu marahi saya sekarang juga / atau keluar ruangan dan langsung marah2.

K : Ya nggak bisa lah mas.

A : Lho kenapa nggak bisa, bukannya tadi emosinan terus dan ingin marah2 terus.

K : Kan tidak ada pemicunya to mas.

A : Bearti kalau tidak ada pemicunya kamu tidak marah. Terus apa yang kamu rasakan ?

K : Ya biasa saja mas, tidak merasakan apa apa.

A : Nah itu kamu punya rasa lain selain rasa sering marah, yang bisa menguasai dirimu. Yaitu rasa kamu yang biasa biasa saja. Bearti kamu tidak hanya dikuasi rasa sering marah2 saja kan. Rasa biasa2 saja juga bisa menguasai dirimu. Bahkan tidak hanya itu, rasa nyaman, tenang, damai, itu juga bisa menguasai dirimu. Dan itu tergantung kontrol dirimu, atas komando dirimu sepenuhnya. 

K : Oh iya ya mas...

A : Nah, sekarang semua keputusan ada pada diri kamu sepenuhnya. Apakah masih ingin mengijinkan rasa sering marah2 menguasai diri kamu. Atau lebih fokus mengijinkan rasa tenang yang menguasai diri kamu. Tentunya, dengan segala konsekwensinya masing2. Jika kamu masih sering mengijinkan marah marah menguasai diri kamu, kamu akan mudah terkena darah tinggi dan struk, serta bisa kehilangan segalanya. Tetapi, kalau kamu lebih fokus mengijinkan ketenangan menguasai diri kamu, kamu bisa hidup sehat dan pikiran juga batinmu juga ikut damai.

K : Iya mas, saya lebih memilih untuk tenang mengussai diri saya. Terimakasih ya mas. 

A : Siap, ☺

Yakin bermanfaat ya, terimakasih
www.solohipnoterapi.com

0 komentar:

Posting Komentar