Sabtu, 11 Januari 2020

TIDAK SELAMANYA EMPATI ITU BAIK, DAN EGOIS ITU BURUK.



Mengatasnamakan Empati Yang Kemudian Terlalu Banyak Ngurusi Urusan Orang Lain, Justru Membuat Urusan Diri Sendiri Terbengkalai.

Ini kisah nyata dari salah satu klien kami, dia dimata keluarga besarnya adalah orang yang sangat baik sekali. Setiap saudaranya butuh bantuannya, ia pasti selalu datang untuk membantunya. Mulai dari jemput ponakannya pulang sekolah, mengantarkan saudaranya ke RS, membelikan kebutuhan sehari hari saudaranya, dlsb. Dan itu, terjadi hampir setiap hari. Meskipun klien kami ini sedang sibuk kerja, tetapi ketika ada salah satu keluarganya yang menghubunginya untuk segera datang, ia langsung datang dan meninggalkan pekerjaannya begitu saja.

Lambat laun waktu berjalan, dan ia hampir tidak menyadarinya jika sikap empati berlebihnya itu, justru semakin membuat hidupnya sendiri terbengkalai. Diumur yang sudah memasuki 42 tahun, ia belum memiliki istri, belum memiliki pekerjaan yang jelas, dan hidupnya hanya untuk mengurusi urusan urusan orang lain tersebut. Meskipun dengan dalih empati, tetapi jika keterlaluan seperti ini, tetap saja hasilnya buruk untuk diri sendiri.

Kemudian hari ini konsultasi dan sekalian untuk terapi kepada kami, di sesi pertama ketika ia menyampaikan semua keluhannya, langsung kami kasih solusinya. Yaitu jika ia ingin merubah kualitas hidupnya lebih baik, dan bisa lebih bahagia, maka harus belajar Egois. Kemudian ia kaget setelah mendengar solusi dari kami tersebut, karena menurutnya egois itu buruk. Tetapi faktanya, memang Egois itu dibutuhkan untuk melatih orang - orang seperti klien kami itu. Dan setelah selesai sesi Hipnoterapinya, akhirnya ia mengikuti solusi dari kami, mulai sekarang ia akan belajar untuk egois.

Dari kisah di atas, bisa kita petik kesimpulan, tidak selamanya empati itu baik, dan egois itu buruk. Ada kadarnya masing - masing untuk melakukannya, terlalu berlebih empati juga bisa buruk dan belajar egois juga bisa baik.

Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.
www.solohipnoterapi.com

0 komentar:

Posting Komentar